6 Metode Mudah untuk Cek Trafik Kunjungan Website dan Kinerja Bisnis

Jumlah orang yang mengunjungi situs web perusahaan Anda dapat menunjukkan seberapa baik kinerja bisnis Anda. Ada banyak alat praktis yang dapat Anda gunakan untuk melakukan pengecekan trafik web yang mudah.

Jumlah orang yang mengunjungi sebuah situs web disebut trafik. Istilah ini sangat penting karena dapat mempengaruhi bagaimana mesin telusur mengoptimasi situs web. Anda dapat mengecek lalu lintas dengan beberapa program:

  1. Tools Alexa memungkinkan Anda dengan mudah mengetahui lalu lintas Alexa situs web. Alat ini dapat membantu Anda menganalisis lalu lintas SEO dan situs web secara efektif. Target audiens dapat diidentifikasi dengan menggunakan informasi ini, dan penyusunan konten web dapat dilakukan secara terarah.

Alexa dapat mengumpulkan statistik website, insight audiens, keyword teratas, dan informasi lainnya untuk menghitung trafik website.

Cari bagian Website Traffic Statistics di situs Alexa. Masukkan nama domain dan pilih opsi untuk traffic dan keyword. Kemudian klik Traffic Metrics untuk melihat riwayat pengunjung yang lebih detail.

  1. Google Analytics: Ini adalah alat yang mudah untuk melacak lalu lintas ke website yang menghitung jumlah kunjungan, durasi, dan rasio pantul. Ini membantu pengguna memahami fitur dan kinerja website.

Data dikumpulkan secara real time oleh Google Analytics. Pengguna juga dapat melacak audiens berdasarkan berbagai hal, seperti lokasi, browser, sistem operasi, dan lainnya. Sebagai contoh, ini adalah cara menggunakan fitur Google Analytics untuk menghitung jumlah pengunjung website:

Masuk ke website setelah membuat akun Google Analytics.
Anda harus mengunjungi bagian yang terdapat di dashboard Google Analytics.
Halaman ini akan menampilkan grafik pengguna, sesi, bounce rate, dan informasi lainnya. Anda dapat mengatur rentang waktu grafik yang Anda inginkan.
Kunjungi bagian Active Users Right Now untuk mengetahui pengunjung yang sedang aktif; pilih Audience Overview untuk informasi lebih lanjut.
Klik salah satu menu untuk melihat data demografis, perilaku, geografis, teknologi, dan minat.

  1. Ubersuggest adalah alat tambahan yang disarankan untuk melacak jumlah pengguna yang mengunjungi situs web. Ada fitur analisis SEO yang cukup lengkap dan gratis. Jika pengguna ingin fitur yang lebih luas, mereka juga dapat mengupgrade.

Ubersuggest dianggap mudah digunakan dan memiliki antarmuka yang mudah digunakan. Selain mengumpulkan data trafik, Ubersuggest membantu dalam penelusuran kata kunci yang populer. Untuk melacak jumlah orang yang mengunjungi situs web Anda melalui Ubersuggest, lakukan hal-hal berikut:

Untuk memulai analisis, kunjungi halaman Ubersuggest dan pilih domain yang akan Anda analisis.
Setelah mengubah nama negara menjadi Indonesia, klik Search. Di bagian Overview, Anda akan melihat grafik yang menunjukkan berapa banyak orang yang mengunjungi website selama lima bulan terakhir.
Klik Top Pages untuk melihat situs dengan jumlah pengunjung tertinggi.

  1. SE Ranking adalah alat yang berguna untuk melakukan estimasi trafik dengan mudah; fiturnya cukup lengkap, termasuk rekomendasi keyword yang populer dan perubahan halaman. Langkah-langkah berikut harus diikuti untuk mengetahui jumlah pengunjung yang datang ke situs web:

Ketik nama domain yang akan diperiksa di halaman Peringkat SE.
Pada dashboard awal, Anda dapat melihat perbandingan trafik paid dan organic website. Gulirkan ke bawah layar untuk mendapatkan data detail tentang trafik dan keyword.

  1. Ahrefs: Ahrefs adalah alat digital yang dapat digunakan untuk membuat laporan tentang trafik website. Selain memantau trafik, itu juga dapat memantau backlink, referring domain, dan rank tracker. Namun, beberapa fitur harus dibeli.

Paket berlangganan Ahrefs adalah pilihan terbaik karena memberi pengguna kesempatan untuk menggunakan layanan secara menyeluruh dan menguntungkan. Dengan fitur Site Explorer, Anda dapat memantau lalu lintas. Untuk mengetahui berapa banyak orang yang mengunjungi situs web ini, langkah-langkah berikut diikuti:

Anda akan menemukan bagian Site Explorer di dashboard.
Setelah Anda menulis domain yang ingin Anda ketahui jumlah trafiknya, klik Search. Pilih Organic Search dan tentukan jangka waktu, mulai dari 30 hari hingga sepanjang waktu.
Klik tulisan Indonesia untuk melihat lalu lintas dari Indonesia.
Silahkan lanjutkan ke bawah untuk melihat daftar lima halaman utama yang membawa paling banyak pengunjung ke situs web.

  1. Similarweb: Tools seperti Similarweb sangat berguna untuk menghitung lalu lintas website dan riwayat pengunjung. Untuk melacak trafik menggunakan Similarweb, ikuti langkah-langkah berikut:

Situs web Similarweb dapat diakses melalui laptop atau smartphone.
Ketik URL situs web di kotak pencarian dan tekan Enter.
Anda akan melihat meta dan rank situs web di bagian atas.
Lihat bagian Traffic Overview, lalu lihat data pengunjung bulanan untuk mengetahui jumlah trafik website. Lihat bagian Traffic by Country untuk melihat persentase trafik yang ditinjau dari kategori negara. Lihat bagian Traffic Source untuk mengetahui dari mana trafik website berasal dan keyword yang paling banyak mendatangkan visitor.


Setelah mempelajari cara-cara di atas untuk melacak lalu lintas web, gunakan alat yang dianggap paling sesuai untuk melacak kinerja web. Dengan mengamati trafik web, akan lebih mudah untuk mengetahui seberapa besar minat pelanggan perusahaan.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *